KEPUASAN PENGGUNA

By Admin prodi 15 Sep 2022, 08:28:41 WIB

Deskripsi Sistem untuk Mengukur Kepuasan Pengguna dan Mahasiswa
Poltekkes Kemenkes Malang telah melakukan pengukuran kepuasan SDM (dosen dan tendik) yang merupakan bagian dari siklus sistem penjaminan mutu internal yang dilaksanakan melalui proses yang sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti obyektif terkait layanan kepada pelanggan secara periodic dan berkelanjutan.  Hasil survei kepuasan SDM menggambarkan data dan informasi tentang tingkat kepuasan atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari unit kerja dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhan.
Melalui pengukuran kepuasan diharapkan dapat menjadi masukan sebagai upaya perbaikan secara berkelanjutan (continues improvement), sehingga dapat dipastikan kriteria dan tujuan organisasi terpenuhi.  Sasaran pengukuran kepuasan adalah tingkat kepuasan layanan penyelenggaraan Tridharma PT di lingkungan Poltekkes Kemenkes Malang terhadap para penerima layanan menggunakan instrument/kuesioner di tingkat:

a)    Instrumen kepuasan Dosen yang menerima pelayanan dari pengelola di tingkat UPPS Direktorat Poltekkes Kemenkes Malang, melalui https://bit.ly/polkesmasurvdosen2021       
b)    Instrumen kepuasan Tenaga Kependidikan yang menerima pelayanan dari pengelola di tingkat UPPS Direktorat Poltekkes Kemenkes Malang, melalui https://bit.ly/polkesmasurvtendik2021 
c)    Instrumen kepuasan Dosen yang menerima pelayanan dari pengelola di tingkat Jurusan/Program Studi Direktorat Poltekkes Kemenkes Malang, melalui https://bit.ly/formkepuasandosenPSKediri 
d)    Instrumen kepuasan Tenaga Kependidikan yang menerima pelayanan dari pengelola di tingkat Jurusan/Program Studi Direktorat Poltekkes Kemenkes Malang, melalui https://bit.ly/formkepuasantendikPSKediri

Pengukuran kepuasan SDM dilakukan setiap akhir tahun oleh kepegawaian bekerjasama dengan pusat penjaminan mutu secara konsisten dan seluruh data direkam secara komprehensif.

 

Hasil Pengukuran Kepuasan Pengguna
Hasil survei pengukuran kepuasan pengguna selanjutnya dianalisis dan didokumentasikan di UPPS dan PS Sarjana Terapan Kebidanan Kediri Poltekkes Kemenkes Malang. Hasil analisis dari tingkat kepuasan pengguna, selanjutnya digunakan sebagai umpan balik untuk acuan dalam menyusun rencana tindak lanjut guna memperbaiki dan meningkatkan mutu layanan SDM secara lengkap.  Hasil survei kepuasan pengguna telah dilakukan secara konsisten, serta ditindaklanjuti secara berkala dan tersistem setiap tahun, sebagaimana disajikan pada Gambar 1. (Dosen) dan Gambar 2. (Tenaga Kependidikan).

Gambar 2.B.4.9.  Kepuasan DTPS Sarjana Terapan Kebidanan Kediri
 Poltekkes Kemenkes Malang terhadap Pengelola Jurusan/Program Studi Tahun 2020 – 2021 


 
Gambar 2.B.4.10.  Kepuasan DTPS sarjana Terapan Kebidanan Kediri
 Poltekkes Kemenkes Malang terhadap Pengelola Jurusan/Program Studi Tahun 2020 – 2021 

Gambar 2.B.4.9. dan 2.B.4.10. Menunjukkan bahwa tingkat kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan terhadap pengelolaan di Jurusan/Prodi sebagian besar (lebih dari 95%) menyatakan sangat baik dan baik. Disamping itu, juga menunjukkan bahwa tingkat kepuasan sangat baik cenderung meningkat dari tahun 2020 ke tahun 2021.  
Pengukuran kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan juga dilakukan terhadap pengelolaan/manajemen UPPS. Ditunjukkan pada Gambar 2.B.4.11 (Dosen) dan Gambar 2.B.4.12 (Tenaga Kependidikan).
 
Gambar 2.B.4.11.  Kepuasan Dosen terhadap Manajemen UPPS Tahun 2021 

 
Gambar 2.B.4.12.  Kepuasan Tenaga Kependidikan terhadap Manajemen UPPS
Tahun 2021

Gambar 2.B.4.11. menunjukkan bahwa tingkat kepuasan dosen pada pendistribusian tugas tambahan, manajemen pengembangan kompetensi, dan manajemen SDM sudah berada di atas cukup, sedangkan pada kepuasan pada pengelolaan pengabdian masyarakat, penelitian dan karya ilmiah, serta manajemen pengembangan karir sudah berada di atas baik. Gambar 2.B.4.12. menunjukkan bahwa tingkat kepuasan Tenaga Kependidikan terhadap manajemen UPPS pada semua aspek menunjukkan hasil di atas cukup.
Melalui pengukuran kepuasan diharapkan dapat menjadi masukan sebagai upaya perbaikan secara berkelanjutan (continues improvement) sehingga dapat dipastikan tujuan organisasi dapat dicapai.  Namun demikian, pengelolaan Jurusan/Program Studi tetap terus ditingkatkan agar tingkat kepuasan sangat baik meningkat secara berkelanjutan.  
Tindak lanjut yang dilakukan untuk terus meningkatkan layanan pengelolaan Jurusan/Program Studi terhadap Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, serta pemangku kepentingan eksternal, dengan:
1)    Meningkatkan keandalan dan kemampuan manajemen dalam memberikan pelayanan dengan komunikasi yang efektif melalui rapat rutin dengan Dosen dan Tenaga Kependidikan sesuai kebutuhan.
2)    Meningkatkan daya tanggap manajemen dalam membantu dan memberikan jasa dengan cepat dan selalu menanggapi setiap keluhan/pengaduan sesuai SOP Penanganan Keluhan Pelanggan.
3)    Meningkatkan kepastian bahwa pelayanan manajemen sesuai dengan ketentuan dan mengimplementasikan pelayanan sesuai SOP. 
Hasil survei kepuasan pengguna serta tindak lanjut, dipublikasikan ke seluruh pemangku kepentingan secara online pada website https://prodikediri.poltekkes-malang.ac.id/ Hal ini bertujuan agar semua pemangku kepentingan dapat memperoleh informasi hasil survei kepuasan dengan tepat dan benar.