PKKMB 2022 ARSANTA GATRA

By Admin prodi 23 Jul 2022, 09:48:53 WIB Artikel
PKKMB 2022 ARSANTA GATRA

PKKMB 2022 ARSANTA GATRA - “Satu Tuju, Satu Jiwa, Untuk Polkesma Mendunia”

Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB ) Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang tahun ajaran 2022/2023 terasa berbeda dari tahun sebelumnya. Jika PKKMB Polkesma 2021 sebelumnya yang dilakukan secara Online dikarenakan Pandemi Covid-19,untuk tahun ini dilaksanakan secara Hybrid (Daring dan Luring).Kegiatan PKKMB Daring dilakukan melalui Zoom Meeting dan Kegiatan PKKMB Luring diadakan  di Kampus Poltekkes Kemenkes Malang baik Kampus Utama dan Kampus Wilayah.

Dengan mengusung tema “Making Millenial Students to be Integrited, Qualified and Synergic in the Digitalization Era”, kegiatan yang berlangsung pada tanggal 18-23 Juli 2022 ini diikuti oleh 98 mahasiswa baru dari Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri. Kegiatan PKKMB Poltekkes Kemenkes Malang di Prodi Sarjana Terapan kebidanan Kediri dilakukan secara Luring di Auditorium Kampus 4 Kebidanan Kediri.Pada Hari Pertama PKKMB peserta mahasiswa baru sebelum mengikuti melakukan registrasi dahulu dengan mengisi link presensi yang telah disediakan panitia.Pada pukul 09.00 dilakukan acara Opening Ceremony yang dipimpin oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang Bapak Budi Susatia, S.Kp, M.Kes.

Untuk rangkaian acara selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Bapak Budi Susatia, S.Kp, M.Kes dengan materi yang bertemakan “Peran Poltekkes Malang dalam Transformasi Bidang Kesehatan untuk Mewujudkan SDM beradab dan berdaya saing global “,dan dilanjutkan penyampaian materi dari  Wakil Direktur 1 Poltekkes Kemenkes Malang Bapak Dr. Moh. Wildan, A.Per.Pen., M.Pd  tentang “Sistem pendidikan tinggi di Indonesia (merdeka belajar kampus merdeka [MBKM]) dan Implemetasi Merdeka Belajar di Poltekkes Kemenkes Malang,kemudian penyampaian materi dari Wakil Direktur 2 Bapak Bernadus Rudy Sunindya, MPH dengan tema materi “Kiat sukses dan motivasi belajar di perguruan tinggi serta pengembangan kewirausahaan, prospek dan peluang kerja setelah lulus dari perguruan tingi” dan yang terakhir penyampaian materi dari Wakil Direktur 3 Bapak   Dr. Ganif Djuwadi, SST, S.Pd., M.Kes dengan  materi yang bertemanakan “Kesadaran kesiapsiagaan bencana di perguruan tinggi, dan kehidupan baru pasca pandemi”.

Dalam PKKMB Hari Pertama Mahasiswa di berikan penugasan berupa resume materi dari materi yang telah didapatkan.Pada Pukul 14.30 kegiatan PKKMB hari pertama telah selesai dan oeserta mengisi link Presensi dan Evaluasi yang disediakan panitia.

Pada hari kedua, bertepatan pada hari Selasa, 19 Juli 2022 Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri mengadakan PKKMB secara luring. Kegiatan pada hari Selasa ini dimulai dari pagi hari yaitu melaksanakan apel Pagi dengan peserta, panitia, staff dosen dan tenaga kependidikan yang berada di Prodi Kebidanan Kediri. Apel pagi yang dilakukan ini dalam rangka pembukaan pengenalan kampus mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Malang kampus IV Sarjana Terapan Kebidanan Kediri tahun 2022. Yang dipimpin oleh Ketua Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri yaitu Ibu Susanti Pratamaningtyas, M.Keb. Yang bertujuan untuk pengenalan kampus bagi mahasiswa baru khususnya kampus IV Poltekkes Kemenkes Malang, dan mebuat para mahasiswa mempunyai jiwa kedispilinan, dan tanggungjawab. 

Acara dimulai pukul 06.00 WIB yang dilakukan oleh mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Malang kampus IV dan seluruh Dosen dan Tenaga Pendidikan yang ada di Kampus IV Kebidanan Kediri. Kegiatan apel pagi ini diisi dengan penyematan kartu tanda peserta mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Malang kampus IV, sambutan Ketua Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri  dan diakhiri pada pukul 07.00 WIB dengan pengenalan dosen dan tenaga Pendidikan yang ada di kampus IV Poltekkes Kemenkes Malang.

Setelah Apel pagi selesai peserta diarahkan ke auditorium untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan materi pertama yaitu Visi, Misi, Struktur dan Kegiatan Akademik Program Studi serta Pencegahan Plagiarisme Guna Meningkatkan Integritas Akademik di Perguruan Tinggi yang dipaparkan oleh Ibu Susanti Pratamaningtyas, M.Keb sebagai Ketua Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri. Pemaparan materi berlangsung dengan baik dan tepat waktu.

            Setelah pemaparan materi pertama dilanjutkan pemaparan materi kedua oleh Ibu Shinta Kristianti, S.SiT,. M.Kes selaku Sub Koordinator Laboratorium Kampus IV Kebidanan Kediri yang memaparkan materi tentang Pengenalan Laboratorium Kampus IV Kebidanan Kediri. Sesi pemaparan materi yang kedua juga tidak kalah menariknya dengan pemaparan materi yang pertama. Para peserta antusias untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Ibu Shinta dan salah satu peserta yang dapat menjawab mendapatkan hadiah bingkisan dari Ibu Shinta.

            Pemaparan materi yang terakhir yaitu Pengenalan Program Kemahasiswaan Kampus IV Kebidanan Kediri dan Nilai Budaya, Etika, Tata Krama, Norma Kehidupan Kampus yang dipaparkan oleh Ibu Indah Rahmaningtyas, S.Kp, M.Kes selaku Sub Koordinator Perpustakaan dan Kemahasiswaan Kampus IV Kebidanan Kediri. Walaupun sesi yang terkahir para peserta masih sangat bersemangat untuk mengikuti PKKMB sampai akhir acara. Dalam PKKMB hari kedua ini peserta diberikan penugasan yaitu membuat Video Kreatifitas Mahasiswa Baru secara berkelompok seperti musikalisasi, menyanyi, pidato dan lain- lain. Semoga dengan terselenggaranya PKKMB tahun ini para mahasiswa mampu belajar dan melaksanaan norma-norma yang berlaku di kampus dan dapat saling beradaptasi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment