PROGRAM WILAYAH BINAAN BERKELANJUTAN TAHAP II KENITEN
PROGRAM WILAYAH BINAAN BERKELANJUTAN TAHAP II

By Admin prodi 28 Agu 2023, 10:39:28 WIB Artikel
PROGRAM WILAYAH BINAAN BERKELANJUTAN TAHAP II KENITEN

PROGRAM WILAYAH BINAAN BERKELANJUTAN TAHAP II

“PENDAMPINGAN IBU HAMIL, ANAK DENGAN WASTING DAN STUNTING SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PROGRAM GEBRAK DAN PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING” DI DESA KENITEN KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI

Tanggal 16 Agustus 2023

 

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Mendukung penurunan angka kematian ibu selama kehamilan, persalinan dan nifas serta penurunan stunting dan wasting di Kabupaten Kediri menggugah inovasi yang dilakukan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri Poltekkes Kemenkes Malang melakukan Program Wilayah Binaan di Desa Keniten Kabupaten Kediri sudah memasuki tahun ke II dengan pendampingan ibu hamil, anak wasting dan stunting sebagai upaya mendukung program Gebrak (Gerakan pendampingan Ibu Hamil Risiko Tinggi) dan percepatan penurunan stunting berkolaborasi dengan Program Studi Promosi Kesehatan, Program Studi Gizi, Program Studi Tehnologi Bank Darah dan Program Studi Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang.

Sebelum kegiatan Launching hari ini, pada tgl 29 Juli 2023 di Desa Keniten telah dilaksanakan Pembekalan Wilayah Binaan Tahap II kepada para Kader Ibu Hamil dan Balita serta Mahasiswa sehingga akan mengoptimalkan proses pendampingan pada Ibu Hamil dan Balita Stunting dan Wasting.

Program pendampingan dilakukan kepada 20 ibu hamil :  3 orang dengan anemia, KEK 2 orang, dan 15 orang ibu hamil resiko tinggi. Sedangkan balita 26 anak dengan stunting, dan 4 anak balita dengan wasting (Data Februari 2023). Pendampingan di kelas ibu hamil, kelas ibu balita  dilakukan dengan menggunakan produk inovasi yang disusun oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri Poltekkes Kemenkes Malang berupa : Alat Permainan Edukasi (APE) untuk menstimulasi Tumbuh Kembang Balita, Booklet dan Lembar Balik Kenali Risiko Tinggi Pada Kehamilan mendukung program Gebrak (Gerakan Bersama Turunkan AKI dan AKB) serta percepatan penurunan stunting. Program pendampingan dilaksanakan pada ibu hamil melalui kelas ibu hamil, memberikan wadah untuk konsultasi melalui whatsapp grup dalam rangka pemantauan kehamilan ataupun tumbuh kembang balita di kelas dan whatsapp grup ibu balita. Selain itu melakukan pendampingan pada anak dalam pemberian makanan tambahan yang berkualitas guna menangani anak wasting dan stunting.

Kegiatan tersebut Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri berkolaborasi dengan Program Studi Promosi Kesehatan, Program Studi Gizi, Program Studi Teknologi Bank Darah dan Program Studi Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang.

Launching Program Wilayah Binaan Berkelanjutan Tahap II “Pendampingan Ibu Hamil, Anak Dengan Wasting Dan Stunting Sebagai Upaya Mendukung Program Gebrak Dan Percepatan Penurunan Stunting” Di Desa Keniten Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tanggal 16 Agustus 2023 dibuka oleh Ketua Tim Kerja Litmas Poltekkes Kemenkes Malang Edy Suyanto, SST,M.PH dan dihadiri oleh Kadinkes Kabupaten Kediri, Kepala Puskesmas Mojo, Kepala Desa Keniten Arik Suryani dan Ketua Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri Poltekkes Malang Rahajeng Siti Nur Rahmawati.

 

Kegiatan ini diliput dan tersaji juga dibeberapa wartaonline sebagai berikut :

SiapTV

Beritajatim

semerusatu

madutv




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment