Gerakan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Deteksi Penyakit Tidak Menular
Dalam Rangka Sukseskan Transformasi Kesehatan dan Memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2024

By Admin prodi 01 Mar 2024, 15:57:51 WIB berita
Gerakan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Deteksi Penyakit Tidak Menular

Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri menyelenggarakan Program Gerakan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Deteksi Penyakit Tidak Menular Dalam Rangka Sukseskan Transformasi Kesehatan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2024. berlokasi di unit Laboratorium terpadu Poltekkes Kemenkes Malang Kampus 4 Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Gerakan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Deteksi Penyakit Tidak Menular Dalam Rangka Sukseskan Transformasi Kesehatan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Malang Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri. Kegiatan ini sebagai wujud Tridharma Perguruan tinggi dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri, Yayasan Kanker Indonesia serta Pemerintah Kota Kediri. Kegiatan diawali dengan skreening Penyakit Tidak Menular (pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan lingkar perut, pemeriksaan laboratorium kolesterol, asam urat, gula darah) yang dilakukan oleh Bapak Ibu Dosen berkolaborasi dengan Perawat dari Puskesmas, dilanjutkan pemeriksaan IVA (inspeksi Visual Asetat) yang bertujuan untuk melihat / deteksi dini kanker leher rahim yang dilakukan Bidan dari Puskesmas kolaborasi dengan Dosen Poltekkes. Pada kegiatan tersebut Mahasiswa juga diikutsertakan dalam kegiatan supaya mereka mendapatkan gambaran nyata akan peran Bidan pada kegiatan deteksi dini Kanker leher rahim. Dari sasaran yang diperiksa sebanyak 281 orang dengan hasil pemeriksaan IVA  positif 2 orang (0.71%) hasil negatif 279 orang (99.28%). Kegiatan ini melibatkan 9 Puskesmas diwilayah Kota Kediri meliputi : Puskesmas Sukorame, Balowerti, Campurejo, Mrican, Kota wilayah utara, Kota wilayah selatan, Pesantren 1, Pesantren 2, dan Puskesmas Ngletih.  Masing-masing Puskesmas ada 3 orang bidan yang rata-rata alumni Prodi Sarjana Terapan Kediri, sehingga selain sebagai wadah kegiatan Tridharma PT juga sebagai kegiatan temu alumni. 

Terselenggaranya Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Malang Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Kediri bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kediri akan terus ditingkatkan mutu dan layanannya, sehingga diharapkan masyarakat merasakan peran nyata Poltekkes di Masyarakat dan diharapkan mereka lebih peduli akan kesehatan sendiri dan melakukan aktivitas serta menerapkan pola hidup sehat sesuai standar kesehatan, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang tidak menular termasuk kanker.

Maju dan Sehat bersama MIORI

    

    

    

    

    

    




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment